Probiotik Kunci Tumbuh Kembang Maksimal Anak

Probiotik harus memberikan manfaat dan tidak merugikan tubuh. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sudah bukan rahasia umum, 1.000 hari pertama kehi...

Probiotik harus memberikan manfaat dan tidak merugikan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sudah bukan rahasia umum, 1.000 hari pertama kehidupan anak adalah masa terpenting dalam tumbuh kembang. Kunci tumbuh kembang maksimal buah hati terletak pada pencernaan yang baik, sehingga pencernaan memerlukan perhatian yang lebih.

Sel dan selaput lendir usus pada anak masih belum matang sempurna seperti layaknya orang dewasa. Oleh karena itu, alergen, bakteri dan penyakit rentan menembus lapisan bawah usus sang buah hati.

Menurut dokter spesialis anak, Dr. Ariani Dewi Widodo mikroorganisme yang membantu memperkuat lapisan–lapisan usus adalah probiotik lactobacillus reuteri. “Usus adalah sistem pertahanan tubuh yang terbesar.  Sebesar 60-70 persen imunitas berada dalam usus,” ujarnya dalam acara workshop “Grow Happy Parenting: Happy from the Inside Out” yang dilaksanakan oleh Nestle Lactogrow di Petogogan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Pencernaan yang terganggu membuat anak rentan sakit, sehingga menyebabkan tumbuh kembang anak tidak maksimal. “Jika anak sering sakit, tumbuh kembang terganggu, anak akan kehilangan kesempatan emas belajar,” imbuhnya.

Probiotik bisa dikatakan bermanfaat oleh tubuh jika jika mikro organismenya hidup saat dikonsumsi, jumlahnya harus cukup biasanya 109 dan memberikan manfaat kesehatan. Jika tidak sesuai dengan itu maka belum bisa disebut probiotik.  

“Masyarakat kadang kurang tepat mendefinisikan probiotik. Probiotik harus memberikan manfaat dan tidak merugikan tubuh, di luar dari itu tidak bisa dikatakan probiotik melainkan hanya bakteri,” ujarnya.

Biasanya probiotik yang berada dalam makanan jauh lebih mudah diserap oleh tubuh. Makanan akan melindungi probiotik sampai masuk kedalam pencernaan, nutrisi dalam makanan bisa melindungi probiotik itu sendiri dan makanan menyediakan nutrisi lain untuk tubuh.

Selain itu, probiotik lactobacillus pun  bisa menjadi terapi untuk menghilangkan kolik pada anak, mencerdaskan dan meningkatkan suasana hati yang positif untuk anak.

“Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada dua ekor tikus. Satu tikus yang medah bersosialisasi dan tikus yang murung. Setelah dilakukan pemindahan komposisi probiotik usus, tikus yang tidak mudah bersosialisai tersebut menjadi lebih semangat dan mudah bersosialisai,” jelasnya.


COMMENTS

loading...
Nama

Berita BERITA PNS UPDATE Bisnis Celebrities Ekonomi Entertainment Etnik Fakta Sejarah Fenomena Fun Gadget Health Heboh Hukum Indonesia Inspirasi Internet Islam Kreatif Kriminal Kuliner Lifestyle Loker Lucu Misteri Otomotif Pendidikan Politik Renungan Sex and Love Skandal Social Media Sport Teknologi Tips Dan Trik Travelling Unik Video Wisata
false
ltr
item
Rubrik Heboh: Probiotik Kunci Tumbuh Kembang Maksimal Anak
Probiotik Kunci Tumbuh Kembang Maksimal Anak
https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/0.17757800-1568371686-830-556.jpeg
Rubrik Heboh
https://rubrik-heboh.blogspot.com/2019/10/probiotik-kunci-tumbuh-kembang-maksimal.html
https://rubrik-heboh.blogspot.com/
https://rubrik-heboh.blogspot.com/
https://rubrik-heboh.blogspot.com/2019/10/probiotik-kunci-tumbuh-kembang-maksimal.html
true
32298158749646431
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy