Fed Buka Peluang Penurunan Suku Bunga untuk Ketiga Kalinya

Pada 18 September lalu The Fed kembali menurunkan suku bunga acuan 25 basis poin. REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS — Pembuat kebijakan Bank Sentral ...

Pada 18 September lalu The Fed kembali menurunkan suku bunga acuan 25 basis poin.

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS — Pembuat kebijakan Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed), mengatakan pada Kamis (3/10) bahwa mereka terbuka terhadap kemungkinan pemangkasan suku bunga kembali. Peluang untuk menurunkan kembali suku bunga cuan terbuka karena data mengindikasikan bahwa pelambatan manufaktur AS mulai menyebar ke bagian lain dari ekonomi terbesar dunia itu.

“Kami akan pergi ke pertemuan kami berikutnya, berdiskusi tentang apa yang sesuai, dan saya sangat terbuka untuk melakukan penyesuaian jika itu adalah kebijakan yang tepat,” kata Presiden Bank Federal Reserve Chicago, Charles Evans di Madrid, beberapa jam sebelum sebuah laporan menunjukkan pertumbuhan di sektor jasa AS yang luas mungkin mandek.

Sementara Presiden Fed Dallas, Robert Kaplan memperingatkan agar tidak terlalu banyak membaca dari satu titik data. Tetapi ia mengatakan juga memiliki ‘pikiran terbuka’ dan memantau dengan sangat hati-hati untuk melihat apakah kelemahan menyebar ke konsumen dan pasar tenaga kerja.

“Jika kita menunggu pelemahan dalam pertumbuhan global dan investasi manufaktur dan bisnis meresap ke bagian lain dari ekonomi. Saya pikir kita mungkin telah menunggu terlalu lama,” kata Kaplan.

Meskipun, kata Kaplan, dua penurunan suku bunga The Fed tahun ini telah mengurangi kemungkinan penurunan yang parah. “Saya lebih suka menggunakan menyesuaikan tingkat suku bunga dana Fed (FFR) jika kita perlu ketika itu penting, yang saya pikir melakukannya lebih cepat daripada terlambat,” tutur Kaplan.

The Fed telah memangkas suku bunga dua kali tahun ini karena bisnis AS dilanda oleh meningkatnya ketegangan perdagangan dengan China, risiko politik termasuk perceraian yang berpotensi kacau di Inggris dari Uni Eropa, dan melemahnya pertumbuhan ekonomi di Jerman dan di tempat lain.

Pengeluaran konsumen AS dan pertumbuhan lapangan kerja sejauh ini tetap kuat, momentum yang oleh Ketua Fed Jerome Powell dan bank sentral lainnya telah mengaitkan setidaknya sebagian dengan poros Fed dari sikap pengetatan 10 bulan yang lalu.

Tetapi para pembuat kebijakan Fed mengatakan mereka sedang mencari tanda-tanda bahwa pukulan dari ketidakpastian perdagangan dan melemahnya ekonomi global tidak lagi terbatas pada sektor ekspor dan manufaktur AS.

Pada Kamis (3/10), indeks aktivitas non-manufaktur Institute for Supply Management (ISM) memancarkan sinyal peringatan seperti itu, jatuh ke 52,6 pada September, angka terendah sejak Agustus 2016. Data terpisah pada awal minggu menunjukkan indeks aktivitas pabrik AS jatuh ke level terendah dalam lebih dari satu dekade.

Pedagang suku bunga berjangka sekarang melihat peluang 90 persen penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin di pertemuan The Fed pada 29-30 Oktober, dan peluang penurunan suku bunga keempat pada akhir tahun yang akan membawa kisaran target suku bunga menjadi 1,25 persen hingga 1,50 persen dan benar-benar membalikkan semua pengetatan tahun lalu. Saham-saham AS juga naik karena ekspektasi penurunan suku bunga Fed lebih lanjut.

Sebuah laporan pemerintah tentang pertumbuhan pekerjaan pada September, akan dirilis Jumat pagi waktu setempat, bisa menjadi sangat penting karena para pembuat kebijakan Fed mempertimbangkan apakah ketidakpastian perdagangan mencapai lebih dalam ke ekonomi AS.

sumber : Antara/Reuters

COMMENTS

loading...
Nama

Berita BERITA PNS UPDATE Bisnis Celebrities Ekonomi Entertainment Etnik Fakta Sejarah Fenomena Fun Gadget Health Heboh Hukum Indonesia Inspirasi Internet Islam Kreatif Kriminal Kuliner Lifestyle Loker Lucu Misteri Otomotif Pendidikan Politik Renungan Sex and Love Skandal Social Media Sport Teknologi Tips Dan Trik Travelling Unik Video Wisata
false
ltr
item
Rubrik Heboh: Fed Buka Peluang Penurunan Suku Bunga untuk Ketiga Kalinya
Fed Buka Peluang Penurunan Suku Bunga untuk Ketiga Kalinya
https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/the-fed-ilustrasi-_140617092653-907.jpg
Rubrik Heboh
https://rubrik-heboh.blogspot.com/2019/10/fed-buka-peluang-penurunan-suku-bunga.html
https://rubrik-heboh.blogspot.com/
https://rubrik-heboh.blogspot.com/
https://rubrik-heboh.blogspot.com/2019/10/fed-buka-peluang-penurunan-suku-bunga.html
true
32298158749646431
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy